animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093 animasi-bergerak-bintang-0093

Rabu, 09 Januari 2019

WORD PROCESSING


Sejarah Singkat Mengenai Word Processing
Pada awalnya word processor (word processing) bukan berasal dari teknologi computer melainkan merupakan kebutuhan penulis yang menggunakan mesin tik. Lalu secara perlahan word processor berpindah dari mesin tik menjadi mesin computer.
Awalnya masih sedikit orang yang mau menggunakan mesin tik. Hal ini yang menyebabkan terjadinya evolusi pada mesin tik. Tahun 1978 lalu ditemukan tombol shift pada mesin tik. Perkembangan mesin pun terus berlanjut dengan ditemukannya mesin tik listrik oleh Thomas Alva Edision Tahun 1872. Mesin tik pun berkembang hingga akhir tahun 1940an.
Tahun 1950 ditemukan computer yang dapat melakukan word process. Mesin ini ditemukan oleh Ulrich Steinhilper mekanik dari IBM. Lalu pada tahun 1969 IBM mengeluarkan Mag Cards, ini berfungsi untuk menyimpan tulisan. Ada juga kelemahan dari mag cards yaitu hanya dapat menyimpan 1 halaman dokumen saja. Bila ingin menyimpan lebih banyak, harus menggunakan mag cards yang lain. Lalu tahun 1970 an ditemukan flop disk yang dapat menyimpan data sebanyak 80 sampai 100 halaman dan bisa juga digunakan untuk menyimpan program.

            Pengertian Word Processing
Perangkat lunak pengolah kata (Bahasa Inggris: word processor) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Contoh perangkat lunak pengolah kata adalah Microsoft Word dan OpenOffice.org Writer 
Dalam system operasi berbasis teks seperti DOS kita dapat memanfaatkan perintah copy con untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat terbatas. Sedangkan dalam system operasi GUI seperti Wondows sudah ada NotePad dan WordPad yang kemampuan mengolah kata sudah cukup baik. Namun, karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan objek lain yang semakin kompleks akhirnya harus dipergunakan perangkat lunak yang benat-benar memenuhinya.


Penggunaan Word Processing
a.      Dalam Membuat Halaman
·           Pada menu Insert
·           Kemudian pilih Page Number
·           Kemudian pilih Format Page Number
·           Pilih salah satu gaya dari Page Number

b.      Cara Memindahkan Nomor Halaman
·          Pada menu Page layout
·          Kemudian pilih Breaks
·          Kemudian pada Section Breaks, pilih Next Page
·          Kemudian atur kembali format page numbernya.

           
Gambar Sistem Word Processing



Jenis-jenis Word Processing
Saat ini sudah banyak sekali perangkat lunak pengolah kata yang bisa mengerjakan berbagai macam tugas yang sangat kompleks. Contoh perangkat lunak pengolah kata diantaranya :
a.      AbiWord
Abiword merupakan perangkat lunak bebas pengolah kata yang mirip dengan Microsoft word. Ini sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office.

a.      KWord
KWord adalah aplikasi pengolah kata bagian dari proyek KOffice dari lingkungan desktop KDE. Meski ada kemiripan nama, KWord bukanlah semata-mata jiplakan dari Microsoft Word. Walaupun diharapakan fitur-fitur utama Word akan didukung oleh KWord. Dalam beberapa hal penting terdapat perbedaan antara KWord dan Microsoft Word. Skema tata letak teks pada KWord mengikuti konsep frame, seperti halnya Adobe PageMaker. Frame dapat diletakan dimana saja dalam sebuah halaman dan mencakup teks, grafik, dan objek. Setiap halaman baru pada dasarnya adalah sebuah frame, teks dapat mengalir dalam frame , ini karena kemampuan KWord untuk mengaitkan satu frame dengan yang lain. Pemanfaatan frame memungkinkan kemudahan penataan teks dan grafik yang rumit sekalipun.

b.      Open Office
OpenOffice adalah salah satu komponen dalam OpenOffice yang berfungsi untuk mengedit dokumen. Adapun dokumen yang biasa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete,AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading.

c.       Microsoft Word
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2007

d.      WordStar
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP/M dan kemudian di tulis ulang untuk platform DOS, sempat mendominasi pasar pada era 1980an. Meskipun Seymour I. Rubinstein adalah pemilik perusahaan, Rob Barnaby merupakan pencipta versi-versi awal dari program; dimulai sejak WordStar 4.0, program dibuat berdasarkan kode yang ditulis oleh Peter Mierau.

e.       Corel WordPerfect
Merupakan program aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan di computer dengan system operasi windows.

f.       NotePad
NotePad adalah aplikasi pengolah kata bawaan system operasi Windows. Jadi setiap menginstal Windows NotePad biasanya otomatis akan terinstal. NotePad merupakan editor teks yang sederhana. NotePad biasanya digunakan oleh pembuat program untuk menuliskan kode atau mengubah konfigurasi ccontohnya untuk mengubah HTML.

g.      WordPad
WordPad merupakan aplikasi pengolah kata bawaan system operasi Windows. Walaupun bawaan dari Windows, WordPad mempunyai fitur lebih lengkap daripada NotePad karena WordPad mempunyai kemampuan menyisipkan tanggal, objek, memformat tulisan, meratakan paragraph, dan mengatur tabs sebuah tulisan.

h.      Star Officer Writer
Star Officer Writer adalah program aplikasi kata yang hampir mirip Microsoft Office perbedaan terletak pada extensinya saja. JIka Ms.Word menggunakan extensi “.doc” maka Star Office Writer menggunakan extensi “.odt” namun bisa diganti menjadi “.doc” Star Office Writer mengkombinasikan fungsi pengolah kata HTML editing, spreadsheet, desain grafik, presentasi, e-mail, news reader, pernjadwalan atau agenda dan database. Star Office Writer dapat dijalankan pada system operasi berbasis Windows dan Mac OS (Apple).

i.        Atlantis Word Processor
Atlantis Word Processor merupakan salah satu aplikasi pengolah kata dan  memiliki tampilan irip seperti Ms.Word. Atlantis Word Processor mendukung format extensi seperti Document (.doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document (COD), dan Format Text Standar (.txt)

j.        Chi Writer
Chi Writer adalah program pengolah kata yang cukup bisa diandalkan untuk pengetikan bidang teknik, matematika, dan fisika. Mampu untuk memperlebar lavar sampai 254 kolom dan tersediannya fasilitas untuk mengatur warna tampilan pada layar monitor EGA dan VGA. Kelemahan software ini adalah memiliki tampilan yang kurang menarik dan editor lebih berorientasi pada aspek kecepatan dan interaktif mengedit,bukan pada tampilan visual hasil.

            Fungsi Word Processing
Secara umum, aplikasi pengola kata yang ada sekarang ini mempunyai fungsi sebagai berikut:
1.      Membuat sebuah dokumen.
2.      Menyunting dan melakukan pemformatan pada dokumen.
3.      Mencetak dokumen.
4.      Membuat Cover.
5.      Memberikan hiasan/bingkai pada sebuah dokumen.
6.      Mengarsipkan sebuah tulisan.
7.      Penulisan digital.
8.      Dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar